solusi atasi berbagai macam penyakit secara herbal

Semua Info Penyakit Asam Urat (Gout) yang Anda Butuhkan Ada Disini!

Semua Info Penyakit Asam Urat (Gout) yang Anda Butuhkan Ada Disini!

asam urat (Gout)
Anda seorang pekerja kantor (atau lansia) yang punya penyakit asam urat? tidak punya waktu untuk berolahraga karena sibuk dengan pekerjaan yang menumpuk, sehingga penyakit asam urat Anda semakin menjadi-jadi?

Meski pada kenyataanya Asam urat kini bukan lagi milik orang-orang lanjut usia. Di usia muda pun, asam urat bisa menyerang siapa saja yang menganut gaya hidup kurang sehat, terutama pola makan yang tak seimbang.

Namun Anda tidak usah khawatir, karena disini kita akan memberitahukan kepada Anda semua informasi tentang penyakit asam urat mulai dari; pengertian, penyebab, diagnosa, komplikasi, pencegahan, pengobatan secara medis, dengan ramuan alami, herbal, dan masih banyak lagi.

Yang pertama mari kita bahas dulu mengenai penyakit asam uratnya, siapa tahu saja ada yang belum mengerti atau belum tahu apa sih sebenarnya penyakit asam urat itu.

Apa Itu Penyakit Asam Urat?


Asam urat (bahasa Inggris: uric acid, urate) adalah senyawa turunan purina dengan rumus kimia C5H4N4O3 dan rasio plasma antara 3,6 mg/dL (~214µmol/L) dan 8,3 mg/dL (~494µmol/L) (1 mg/dL = 59,48 µmol/L).

Kelebihan asam urat (hiperurisemia, hyperuricemia) atau kekurangan asam urat (hipourisemia, hypouricemia), kadar asam urat dalam plasma darah ini sering menjadi indikasi adanya penyakit atau gangguan pada tubuh manusia. Wikipedia

Penyakit asam urat atau Gout adalah sejenis sakit sendi atau arthritis. Penyakit asam urat muncul akibat metabolisme purin yang tidak sempurna. Purin sendiri merupakan jenis protein yang berasal dari berbagai produk hewani, seperti daging merah, jeroan, serta hewan laut, dan juga alkohol.

Purin dalam jumlah berlebih yang tak dapat dimetabolisme (diuraikan) oleh tubuh dan dibuang oleh ginjal akan menumpuk dan meningkatkan kadar asam urat.

Penyebab asam urat terbanyak yaitu karena tidak efektifnya proses pembuangan asam urat dari tubuh melalui urin (sekitar 90%), sedangkan penyebab lainnya adalah karena produksi asam urat yang terlalu banyak/meningkat/berlebihan (sekitar 10%).

Asam urat dapat menyebabkan gejala seperti; 
  • Rasa nyeri ringan yang kemudian menjadi tak tertahankan pada beberapa sendi.
  • Peningkatan rasa nyeri akan berkembang dalam waktu yang cepat, sekitar 1-3 jam pertama. Rasa sakit tersebut bisa berlangsung selama 2 bahkan 10 hari.
  • Rasa nyeri bisa disertai dengan pembengkakan disertai dengan kulit yang memerah. Saat pembengkakan terjadi, penderita biasanya akan sulit untuk bergerak.
  • Nyeri bisa sembuh dengan sendirinya, namun dapat menimbulkan bekas seperti kulit kering pada daerah persendian yang nyeri.
  • Dan kalau di raba ada sensasi/rasa panas atau hangat di persendian.
lokasi asam urat
Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, siku, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Faktor resiko asam urat


Beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan seseorang memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh adalah:
  1. Gaya Hidup. Mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi, Obesitas, dan minuman beralkohol, dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.
  2. Kondisi Medis. Kondisi medis seperti tekanan darah tinggi, diabetes, hiperkolesterolemia (tingginya kadar kolesterol dalam darah), sering dikaitkan dengan kasus asam urat.
  3. Obat-obatan. Pemakaian obat seperti diuretik (obat yang dapat menambah kecepatan pembentukan urin), aspirin (obat untuk mengatasi rasa sakit (analgesik), mengatasi demam (antipiretik) dan mengatasi peradangan (antiinflamasi)) harus diperhatikan dan dikonsultasikan ke dokter karena dapat meningkatkan kadar asam urat.
  4. Genetik. Beberapa orang yang memiliki riwayat keluarga dengan sejarah asam urat juga merupakan salah satu faktor risiko.
  5. Usia dan Jenis Kelamin. Pria memiliki risiko lebih besar untuk terkena gangguan radang karena asam urat, terutama saat usia mereka di atas 30 tahun. Tetapi wanita yang telah memasuki masa menopause juga memiliki risiko yang sama besarnya dengan pria.

Ada 4 Tahap Penyakit Gout


Jika Anda memiliki gout, penting sekali untuk mengetahui empat tahap ini sehingga dapat memahami perkembangan kondisi Anda. Dengan pengelolaan asam urat yang baik, Anda dapat menghindari tahap terakhir gout yang melumpuhkan.

Tahap 1: Hiperurisemia Asimtomatik
Kadar asam urat di tubuh Anda tinggi, tetapi tidak menimbulkan gejala. Sebagian besar orang dalam tahap ini menyadari kondisi mereka setelah melakukan tes darah yang mengukur jumlah asam urat yang terkandung dalam sistem peredaran darah. 

Perawatan biasanya tidak diperlukan pada tahap ini. Pengobatan yang tepat dalam tahap ini adalah berupaya mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Tahap 2: Serangan gout akut
Hiperurisemia berkelanjutan menyebabkan penumpukan kristal natrium urat di persendian. Kristal ini kemudian merangsang pelepasan berbagai perantara peradangan yang menimbulkan serangan akut. Pasien biasanya terbangun di malam hari karena rasa sakit dan pembengkakan sendi. Gejala gout tahap ini meliputi nyeri dan peradangan, sendi yang terkena menjadi panas dan lembek bila disentuh, terlihat kemerahan atau memar, terasa gatal dan mengelupas setelah sakitnya mereda.

Tingkat keparahan rasa sakitnya beragam dari kedutan ringan sampai nyeri hebat sehingga sendi tidak bisa disentuh. Gejala tersusun seperti demam, menggigil, dan malaise (perasaan tidak sehat), mungkin juga terjadi dan merupakan hasil dari beberapa perantara inflamasi yang bocor ke sirkulasi vena. Rasa sakit akan menghilang dalam 3-10 hari, bahkan bila tanpa pengobatan.

Tahap 3: Interval (Jarak Waktu) kritis
Ini adalah tahap setelah peristiwa gout yang bebas gejala. Pada kebanyakan orang, tahap ini berlangsung dari enam bulan sampai dua tahun setelah serangan pertama gout. Pada yang lainnya, kondisi tanpa gejala ini dapat berlangsung 5–10 tahun. (Sekitar 66% pasien akan mengalami serangan kedua dalam satu tahun).

Ini adalah waktu tepat untuk mencegah serangan di masa depan. Gout secara klinis tidak aktif tetapi masih ada dan penyakit itu terus berkembang jika asam urat tidak dikendalikan. Semakin besar kadar asam urat, semakin pendek interval (jarak waktu) untuk serangan berikutnya.

Tahap 4: Gout tingkat lanjut
tofi asam urat
Pada tahap akhir gout ini, gejala dan efeknya menetap. Sejumlah besar asam urat telah mengkristal menjadi endapan-endapan padat di tulang rawan serta tendon dan jaringan lunak, dan bahkan pada selaput antar tulang. 

Pasien sering mengalami berbagai gejala, seperti kekakuan sendi, keterbatasan gerakan sendi, nyeri sendi terus-menerus, luka dengan nanah putih di daerah yang terkena, nyeri sendi simultan (mendadak) pada berbagai bagian tubuh, dan fungsi ginjal memburuk. Pasien gout memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami batu ginjal daripada yang lain.

Tahap ini juga disebut tahap tofus. Tofus (jamak: tofi) adalah massa kristal urat yang disimpan dalam jaringan lunak, yang dapat menghancurkan jaringan lunak dan persendian. MajalahKesehatan

Diagnosis/Pemeriksaan Gout


Untuk benar-benar memastikan apakah Anda menderita penyakit asam urat, dokter perlu melakukan tes khusus untuk mengukur kadar asam urat atau melihat keberadaan kristal-kristal zat tersebut di dalam sendi. Namun sebelum melakukan tes tersebut, pertama-tama dokter biasanya akan menanyakan pada Anda tentang beberapa hal, yaitu:
  1. Lokasi sendi yang terasa sakit.
  2. Seberapa cepat gejala berkembang dan seberapa sering gejala tersebut muncul.
  3. Makanan dengan kadar purin tinggi yang mungkin sering Anda konsumsi.
  4. Minuman beralkohol atau minuman berkadar gula fruktosa tinggi yang mungkin sering Anda konsumsi.
  5. Obat-obatam pemicu penyakit asam urat yang mungkin sedang Anda gunakan.
  6. Penyakit dengan komplikasi penyakit asam urat yang mungkin sedang Anda derita.
  7. Riwayat kesehatan keluarga Anda.
Jawaban dari pertanyaan di atas nantinya akan digunakan dokter untuk mendukung hasil tes yang dilakukan.

Pemeriksaan lanjutan untuk memastikan apakah radang sendi disebabkan oleh asam urat, antara lain :

A. Tes Cairan Sendi
Di dalam tes ini dokter akan mengambil sampel cairan sinovial (cairan bening lengket yang dilepaskan oleh membran sinovial dan bertindak sebagai pelumas untuk sendi dan tendon) di dalam sendi yang mengalami radang menggunakan jarum dan menelitinya melalui mikroskop. Jika pasien memang menderita penyakit asam urat, biasanya kristal-kristal natrium urat hampir selalu terlihat pada sampel cairan sinovialnya.

Metode pemeriksaan ini juga membantu dokter untuk memastikan bahwa gejala tidak disebabkan oleh penyakit lain (misalnya septic arthritis yaitu infeksi yang sangat menyakitkan pada sendi, dengan gejala pembengkakan dan kemunculan rasa nyeri yang tidak tertahankan disertai demam).

B. Pemindaian Ultrasound (USG)
Tes ini kini marak digunakan karena dianggap paling sederhana dan aman untuk mendeteksi keberadaan kristal natrium urat di dalam sendi yang mengalami radang atau di dalam lapisan kulit dalam.

C. Tes/Pemeriksaan Darah
Tes ini juga biasanya dilakukan pada setengah bulan atau satu bulan setelah terjadinya serangan gejala gout. Alasan dokter perlu menunggu waktu selama itu adalah karena level (tingkatan) asam urat cenderung turun ketika serangan berlangsung.

D. X-ray (Sinar-X atau Rongsen)
Metode pemeriksaan X-ray biasanya hanya digunakan oleh dokter untuk tujuan pengesampingan. Karena meski kurang mampu mendeteksi keberadaan kristal asam urat di dalam sendi, metode pemeriksaan ini tetap mampu mendeteksi kondisi lain dengan gejala-gejala yang serupa (contohnya adalah chonrocalcinosis atau peradangan sendi akibat pembentukan kristal kalsium). Apabila kondisi-kondisi lain juga tidak ditemukan berkaitan dengan kerusakan sendi yang ada, maka dokter bisa berasumsi bahwa pasien menderita penyakit asam urat. Alodokter

Komplikasi Akibat Asam Urat


Ada beberapa masalah kesehatan lainnya yang bisa muncul akibat penyakit asam urat, terlebih jika kondisi ini diabaikan atau tidak diobati. Beberapa contoh komplikasi akibat asam urat di antaranya adalah:

# Penyakit batu ginjal
komplikasi asam urat
Asam urat di dalam tubuh dikeluarkan dalam bentuk air seni melalui ginjal. Adakalanya asam urat tersebut menciptakan endapan-endapan di dalam ginjal, terlebih jika kadarnya yang tinggi. Jika ukuran endapan masih kecil, maka tubuh akan membuangnya secara alami melalui saluran kemih. Namun jika ukurannya terlalu besar, maka bisa menimbulkan penyakit batu ginjal.

Selain sensasi seperti selalu ingin buang air kecil, penderita penyakit batu ginjal biasanya akan merasakan sakit saat buang air kecil akibat terganggunya aliran urine. Jika tidak segera ditangani, penyakit ini bisa menyebabkan infeksi di dalam sistem kemih. 

Menurut data, sekitar 10-25 persen penderita penyakit asam urat turut mengalami masalah batu ginjal. 

Dokter biasanya akan memberikan obat yang dapat melarutkan batu ginjal dan menurunkan kadar keasaman dalam urine. Selain itu, penderita batu ginjal juga disarankan untuk minum banyak air untuk mengeluarkan endapan-endapan asam urat.

# Munculnya benjolan-benjolan tofi
Tofi adalah gumpalan-gumpalan kecil berwarna putih atau kuning di balik kulit yang terbentuk dari pengumpulan kristal-kristal asam urat. Benjolan tofi biasanya muncul pada lutut, siku, jari kaki dan jari tangan, lengan, tumit, atau bahkan telinga.

Biasanya tofi muncul pada penderita penyakit asam urat parah atau yang sudah lama tidak ditangani (lihat tahap 4 Gout diatas). Namun ada juga tofi yang muncul pada orang yang bahkan belum pernah mengalami serangan penyakit asam urat. Meski sering kali tidak menimbulkan rasa sakit, namun rutinitas sehari-hari (misalnya berpakaian atau makan) bisa terganggu jika tofi tumbuh di jari tangan.

Kemunculan tofi menjadi sinyal bahwa pengobatan penyakit asam urat tidak bisa ditunda-tunda lagi dan harus segera dilakukan. Jika kadar asam urat berhasil diturunkan, tofi akan berangsur-angsur mengecil seiring larutnya kristal-kristal natrium urat. Namun sebaliknya jika terus dibiarkan, maka tofi akan membesar dan pada akhirnya menimbulkan rasa sakit. 

Tofi yang meradang tersebut bahkan bisa pecah dan mengeluarkan cairan menyerupai pasta gigi yang terdiri dari campuran nanah dan kristal-kristal urat. Segera konsultasikan kepada dokter jika tubuh Anda ditumbuhi tofi berukuran besar atau terasa menyakitkan. Apabila dianggap perlu, dokter akan melakukan pembedahan untuk membuang tofi tersebut.

# Kerusakan pada sendi
Kristal-kristal natrium urat yang terus menumpuk dan membentuk tofi di dalam sendi lambat laun bisa merusak sendi. Bukan hal yang mustahil jika kerusakan sendi secara permanen bisa terjadi apabila kondisi ini tidak kunjung ditangani. Jika sendi sudah rusak, maka operasi terpaksa harus dilakukan oleh dokter untuk memperbaiki atau menggantinya.

# Masalah psikologis
Perubahan suasana hati dan stres bisa saja dialami oleh penderita penyakit asam urat. Bukan hanya karena nyeri luar biasa yang dirasakan, tapi juga efek dari kondisi ini yang membuat rutinitas sehari-hari menjadi terganggu. Jika diabaikan, maka tidak mustahil bisa mengarah kepada depresi. Maka dari itu, sebelum muncul masalah psikologis yang lebih serius, segera temui dokter jika Anda adalah penderita penyakit asam urat dan Anda merasa stres dengan kondisi yang dialami. Alodokter

Tips Pencegahan/Perawatan Asam Urat


Dokter bisa memberikan rekomendasi obat, sesuai dengan kasus asam urat yang dialami. Namun, untuk benar-benar bisa menjauhkan asam urat, beberapa ahli merekomendasikan untuk melakukan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan seimbang, mengurangi lemak hewani, serta berhenti mengonsumsi alkohol.

Berikut langkah-langkah perawatan rumahan yang bisa Anda lakukan untuk meredakan asam urat:
  1. Mengurangi asupan purin. Bukan dengan menghindari makanan yang mengandung purin sama sekali, cukup batasi jumlahnya sehingga tak terjadi penumpukan purin dalam tubuh. Dapatkan protein dari sumber lemak sehat, seperti ikan dan telur.
  2. Mengonsumsi makanan yang membantu pencernaan, seperti buah dan sayur yang mengandung serat, serta perbanyak konsumsi air putih.
  3. Rajin bergerak dan olahraga, ini akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
  4. Untuk meredakan nyeri, kompres nyeri yang membengkak dengan es yang dibalut handuk. HealthKompasCom.

Makanan Pantangan Penderita Asam Urat


Tahukah Anda ada banyak makanan yang mengandung purin yang tinggi, purin inilah yang nantinya akan diubah oleh tubuh menjadi asam urat. Oleh karena itu pantangan bagi penderita asam urat adalah makanan yang mengandung purin tinggi. 

Berikut kami sajikan daftar makanan yang tinggi purin yang menjadi pantangan bagi penderita asama urat.

a. Makanan Hewan Darat
Kadar Purin yang paling tinggi yaitu terdapat pada daging organ (jeroan), seperti hati, ginjal, otak, lidah, dan babat, sehingga semua jeroan harus benar-benar dihindari. 

Sementara itu daging juga mengandung purin tapi kadarnya sedang, sehingga asupan daging harus dibatasi maksimal sampai 4 ons per hari. Contoh daging yang dibatasi termasuk daging kambing, babi, ayam, bebek, angsa, kelinci, domba, kalkun, sapi, dan daging rusa. 

Purin juga tinggi dalam makanan hewani lainnya, seperti kaldu, dan sup ayam.

b. Makanan Hewan Laut 
Ikan dan seafood juga merupakan sumber purin. Jadi penderita asam urat harus membatasi diri untuk mengosumsi kerang, sarden, ikan asin, dan mackerel. Ikan lainnya yang mengandung purin yang cukup tinggi antara lain: ikan tuna, ikan mas, ikan kod, halibut, bertengger, salmon, dan kakap.

Hindari makanan laut lainnya seperti kerang, lobster, kepiting, dan udang yang juga mengandung purin yang tinggi dan harus dikonsumsi dalam jumlah kecil.

c. Gandum
Produk yang terbuat dari gandum seperti roti gandum dan sereal memiliki kandungan purin yang tinggi.

d. Gula
Gula memilik kadar purin yang rendah, akan tetapi diet tinggi gula malah akan menyebabkan kondisi lain yang dapat memperburuk gejala gout, seperti obesitas dan diabetes. 

Jika Anda tidak dapat mencegah dari yang manis-manis, maka pilihlah buah-buahan segar. Karena disamping mengandung gula alami yang tinggi, buah juga mengandung nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

e. Bir dan Alkohol
Bir merupakan sumber purin yang tinggi (ragi sangat tinggi kandungan purinnya). Walaupun minuman beralkohol lainnya mungkin tidak mengandung purin yang tinggi, namun mereka dapat meningkatkan produksi purin dalam tubuh, yang pada gilirannya, menyebabkan kadar asam urat tinggi. 

Penelitian telah menunjukan bahwa minum bir selama serangan gout secara signifikan dapat meningkatkan intensitas gejala. Penggunaan alkohol yang berlebihan (lebih dari dua gelas per hari untuk pria atau satu gelas per hari untuk wanita) dapat meningkatkan risiko serangan gout.

f. Sayuran
Beberapa sayuran yang kaya purin dan harus dibatasi, yakni tidak lebih dari dua porsi (1 gelas sayuran mentah atau 1/2 cangkir sayuran yang dimasak) per minggu. Sayuran tersebut antara lain:
  • Kangkung 
  • Bayam 
  • Asparagus 
  • Kembang kol 
  • Kacang lentil 
  • Kacang panjang 
  • Kacang polong
Menghindari pantangan asam urat diatas akan membantu meringankan gejala gout, akan tetapi karena purin terdapat di begitu banyak makanan mungkin akan sulit untuk mematuhinya. Oleh karena itu berikut kita simpulkan makanan apa yang benar-benar tidak boleh dan makanan apa yang boleh namun dibatasi.

Makanan yang harus dipantang atau dihindari karena sangat tinggi purin
  1. Daging organ atau jeroan, seperti hati, ampela, ginjal, dan otak 
  2. Daging, termasuk daging kambing, daging sapi, babi, dan domba 
  3. Setiap daging lainnya dalam jumlah besar (lebih dari 4 ons perhari) 
  4. Teri, sarden, mackerel, dan kerang 
  5. Bir dan alkohol
Makanan yang harus dibatasi, boleh dimakan kadang-kadang, makanan ini cukup tinggi purin, tetapi mungkin tidak meningkatkan risiko gout:
  1. Ikan dan seafood
  2. Sayuran Hijau seperti diatas
  3. Jamur
Makanan yang aman untuk dimakan karena rendah purin (bukan pantangan Asam Urat)
  1. Buah dan jus buah,
  2. Roti dan sereal yang tidak mengandung gandum,
  3. Mentega, buttermilk, keju, dan telur,
  4. Coklat dan kakao,
  5. Kopi, teh, dan minuman bersoda,
  6. Selai kacang dan kacang-kacangan. (Mediskus)

Pengobatan Asam Urat Secara Medis


Tidak ada obat untuk menyembuhkan penyakit asam urat, yang ada hanya obat untuk mengelola atau mengendalikannya. Tujuan utama pengobatan asam urat adalah menghentikan rasa sakit dan peradangan, mencegah serangan di masa depan, dan menghindari komplikasi.

Beberapa jenis obat yang biasa diberikan adalah:
  • Analgesik, obat anti-nyeri untuk mengurangi rasa sakit. Analgesik hanya menghilangkan rasa sakit dan tidak mengobati penyebab penyakit.
  • Obat anti-inflamasi non-steroid (OAINS) seperti natrium naproxen, ibuprofen, atau indometasin untuk mengatasi peradangan. Efek samping penggunaan OAINS meliputi sakit maag dan gangguan pencernaan. Obat ini biasanya harus terus digunakan selama serangan penyakit asam urat belum reda, hingga dua hari setelah serangan reda untuk mencegah kambuh (ikuti petunjuk pemakaian).
  • Colchicine. Apabila OAINS kurang mampu meredakan gejala penyakit asam urat atau Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi obat ini dikarenakan kondisi tertentu, dokter dapat meresepkan colchicine sebagai pengganti yang juga berkhasiat untuk menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan. Colchicine jarang menimbulkan efek samping. Efek samping berupa sakit perut, mual, dan diare biasanya timbul apabila obat ini dikonsumsi dalam dosis tinggi.
  • Obat-obatan diuretik/agen uricosic, seperti probenesid dan sulfinpyrazone diberikan setelah serangan asam urat selesai untuk membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah dengan membuat Anda lebih banyak buang air kecil. Kadang-kadang obat-obatan tersebut dapat menyebabkan batu ginjal.
  • Allopurinol, untuk menurunkan produksi asam urat dalam tubuh. Obat ini digunakan untuk mencegah serangan gout, bukan untuk mengobatinya saat serangan terjadi.
  • Kortikosteroid atau hormon adrenokortikotropik. Pada kasus penyakit asam urat dengan gejala parah yang tidak bisa diredakan dengan OAINS atau colchicine, dokter biasanya akan meresepkan kortikosteroid. Selain dalam bentuk tablet, obat ini juga bisa diberikan dokter dalam bentuk suntik untuk meredakan nyeri secara cepat. Obat ini tidak menimbulkan efek samping jika digunakan dalam waktu singkat dan dosis rendah. Sebaliknya, jika digunakan dalam dosis tinggi dan jangka waktu lama, obat ini berisiko menimbulkan efek samping, seperti otot terasa lemas, kulit mudah memar, penipisan tulang, dan kenaikan berat badan.
  • Obat lain seperti Losartan, Fenofibrate, dll yang tidak khusus untuk gout tapi membantu menurunkan kadar asam urat.
Informasi di atas hanyalah untuk pengetahuan Anda, bukan sebagai panduan untuk pengobatan sendiri. Anda harus mendapatkan obat-obatan asam urat atas petunjuk dokter, yang biasanya diberikan secara kombinasi untuk mengendalikan gejala, mencegah serangan lanjutan dan mengelola kadar asam urat yang sehat dalam jangka panjang. MajalahKesehatan | Alodokter

Pengobatan Asam Urat dengan Ramuan Alami (Racikan Sendiri)


Jika dengan pengobatan medis terlalu banyak resiko atau efek samping, Anda bisa memilih alternatif lain seperti dengan menggunakan ramuan dari bahan alami untuk mengatasi asam urat. Anda pasti kecewa kan jika pengobatan yang Anda lakukan sama sekali tidak membuahkan hasil yang Anda inginkan, sudah melakukan berbagai cara dan mengeluarkan banyak uang tapi hasilnya nihil, tentu lama kelamaan Anda akan merasa putus asa dan frustasi.

Tapi Anda jangan mudah menyerah dulu, karena setiap penyakit pasti ada obatnya asalkan kita mau berusaha dan bersabar. Dan disini kita akan memberikan info ramuan alami yang bisa mengobati asam urat tanpa resiko dan tentunya mudah untuk dilakukan dan didapatkan bahan-bahannya, dan yang pasti manjur untuk atasi gout.

Ramuan ini sudah dicoba oleh sebagian orang yang punya penyakit asam urat, dan ternyata hasilnya sangat menggembirakan karena memang bisa membantu mengobati penyakit ini. Berikut beberapa jenis ramuan dan cara membuatnya.

RAMUAN 1
Bahan-bahan:
  • Nanas mateng satu (1)
  • Lobak putih kira kira 250 gram
  • Kemiri 3
Cara meramunya bisa dengan dibuat jus dan diminum sekaligus. Untuk penjagaan konsumsi setiap 3 bulan sekali.

Ramuan ini diambil dari situs CerminanCom - Ramuan asam urat, dan berdasarkan kisah nyata, disana ada ceritanya jika Anda penasaran ingin tahu.

RAMUAN 2
Penting!! Jangan menggunakan alat yang terbuat dari alumunium sebagai wadahnya, karena dikhawatirkan unsur kimia yang terdapat pada alat tersebut bisa berbahaya dan tercampur dengan bahan herbalnya.

Bahan-bahan:
  • 1/2 buah pepaya muda
  • Bubuk teh (merk bebas)
  • 1 buah kelapa
Cara membuatnya: buang biji pepaya muda tersebut, tapi jangan buang kulitnya. Kemudian potong-potong dan masukan ke dalam wadah, tuangkan 4 mangkuk air (sekitar 800ml), masak hingga mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api, lalu masak lagi selama 3 menit, kemudian matikan api.

Tambahkan 1 sendok makan daun teh (bisa teh bubuk, atau teh apa saja). Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu saring airnya, campur dengan 1 buah air kelapa muda segar. Lalu minum, dan habiskan dalam waktu sehari.

Teh pepaya muda air kelapa ini tidak boleh dimasukan ke dalam kulkas/lemari pendingin, harus dihabiskan dalam sehari. Ramuan ini diambil dari Blog - TricSehat.

RAMUAN 3
Bahan-bahan:
  • Cuka sari apel
  • Madu
  • Air hangat
Cuka sari apel mengandung vitamin C tinggi yang bisa mencegah peradangan termasuk peradangan karena asam urat yang cukup tinggi dalam tubuh.

Caranya adalah minum segelas air hangat yang sudah dicampur dengan satu sendok cuka sari apel dan satu sendok madu. Bahan alami ini akan mengatasi asam urat tinggi karena kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Ramuan ini diambil dari situs HaloSehat - Ciri2 Asam Urat.

Nah, jika Anda termasuk orang yang sibuk dan tidak punya waktu untuk melakukan resep di atas, ada satu cara lagi yang lebih praktis dan tanpa repot, yaitu dengan mengonsumsi suplemen/obat herbal. Obat asam urat herbal yang kami rekomendasikan adalah QnC Jelly Gamat. Anda bisa melakukan pengobatan asam urat sambil beraktivitas, misalnya ke kantor. Tinggal masukan ke kantong, terus minum di tempat kerja. Praktisss....


obat asam urat
Kandungan asam amino dalam teripang emas (QnC Jelly Gamat) berperan penting dalam memperbaiki metabolisme tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya pengendapan kristal asam urat. Selain itu, senyawa Chondroitin dalam QnC juga dapat mencegah pembentukan benjolan tofi pada persendian dengan memblokir zat asam urat agar tidak menempel pada persendian, dan dapat menghilangkan rasa sakit, memperbaiki tulang rawan serta persendian yang bermasalah. Selengkapnya lihat DISINI!

Jika berminat, bisa lihat cara pemesanannya DISINI!, atau langsung ikuti saja format pemesanannya di bawah. 

Harganya Rp 155.000/btl (jika pesan 1 botol bisa kirim barang dulu loh), beli lebih banyak dapat potongan harga alias diskon dan potongan ongkir juga. Ada lagi! Garansi uang kembali jika barang tidak sampai atau rusak. Gak usah banyak mikir, buruan sebelum kehabisan!

pengobatan asam urat

Sekarang sudah tahu kan semua hal tentang penyakit asam urat, dan sudah bisa menentukan harus berbuat apa atau langkah apa yang harus diambil selanjutnya. Jika bermanfaat silahkan share/bagikan informasi ini ke teman-teman/keluarga Anda. Salam Sehat ^^



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Uchi Anyar, Published at 2:49 PM and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar